menggunakan
metode tertentu sehingga dapat menghasilkan suatu informasi adalah pengertian
dari…
(a. Database) D.Data
b. SistemDatabase E.File
c. Sistem
2.Apakah
istilah bagi Orang/Tim yang membuat program aplikasi menggunakan bahasa
pemrograman?
a. DBAd. D.End
User
(b. Programmer) E.Administrator
c. User
3.Manakah
komponen data base yang berfungsi sebagai interface antara data base dengan
data phisik?
a.
Hadwared. D.PerangkatKomunikasiData
b.
Brainware (E.Software)
c.
Input-Output
4.Seseorang
yang bertugas mengelola data base disebut?
(a. DBA) D.Admin
b. Programmer
E.SistemAnalis
c. End User
5.Suatu
bentuk organisasi disebut dengan istilah?
a. Entitasd. D.Entity
b. Environment E.External
(c. Enterprise)
6.Istilah
lain untuk Perangkat Lunak atau Software yang digunakan untuk melakukan akses
kedata base adalah…
a. SistemOperasid. D.Software
(b. DBMS) E.BahasaISO
c. Software Aplikasi
7.Kepanjangan
DBMS adalah…
a. Data Manipulation
(b. Database Management System)
c. Database Management Security
d. Data Manipulation Languange
e. Data Access
8.Data
Model Mapping disebut juga…
a. Response Time
b. KapasitasPenyimpanan
(c. Perancangan Database secaraLogik)
d. PerancanganDatabase secaraFisik
e. ImplementasiDatabase
9.DML
yang menggunakan SQL adalah jenis yang…
(a.Non Prosedural) d.Semantic
b.Hirarki e.Object
c.Prosedural
10.Komponen
data base yang dapat merubah statement DDL menjadi kumpulan Table/File yang
berisi data dictionary adalah…
a.QueryProcessor (d.Dictionary Manager)
b.DMLProsessor e.FileManager
c.DDLCompiler
11.Yang
tidak termasuk model data …
a. Model Data Fisik
b. Model Data BerbasisObyek
c. Model Data BerbasisRecord
d. Model Data Konseptual
(e. Object Oriented Programming)
12.Symbol
ER Model yang menunjukan relasi adalah…
a. PersegiPanjang d. Box
b. Lingkaran e.
Persegi
(c. Belah Ketupat)
13.Konsep
untuk menerangkan data,hubungan antara data dan batasan-batasan yang
terintegrasi didalam suatu organisasi…
a. PerancanganDatabase d. Logical Data
(b. Model Data) e. Physical Data
c. Data Design
14.Data
serta hubungan antar data direpresentasikan oleh sejumlah tabel yang terdiri
atas kolom-kolom adalah..
(a. Model Relational)
d. Model Hirarki
b. Model Semantic e. Model Jaringan
c. Model Object
15.Simbol
yang menunjukkan Objek Dasar dalam ERmodel adalah...
a. Record / Tuple
b. Linear
c. Bintang
d. PersegiPanjang/ Kotak
(e. Atribut)
1.Model
yang terdiri dari unsur-unsur entity dan relationship antara entity-entity
adalah…
a.Relasi -d.Entity
Relationship
b.Objectdasar e.Enterprise
c.Atribut
2.Hubungan/Relasi
yang terjadi antara satu entitas atau lebih adalah…
a.Atribut
b.Entitas
-c.Relationship
d.Indicator
e.LRS
3.Jaringan
yang menggunakan susunan data yang disimpan dari sistem secara abstrak adalah…
a.ModelData -d.PhysicalModel
b.ModelJaringan e.ModelRelational
c.EntityRelationship
4.Kumpulan
elemen data yang membentuk suatu entitas adalah…
a.Relationship -d.Atribut
b.Entitas e.Kunci
c.Indicator
5. 1
Dosen dapat mengajar banyak matakuliah, 1
Matakuliah dapat diajarkan oleh banyak dosen, Maka relasinya adalah…
a.1:1 d.M:1
b.1:2 e.M:M
-c.1:M
6.Pengelompokan
atribut-atribut dari sehingga membentuk WELL
STRUCTU RERELATION disebut?
a.
Perancangan Konseptual -d. Normalisasi
b.
Impementasi e.
Anomali
c.
Insert
7.Penyimpangan
penyimpangan atau Error atau inkonsistensi data pada proses insert ,update dan deletedi
sebut?
a. Normalisasi d. Insert
-b. Anomali e. Crash
c.
Konseptual
8.Error
yang terjadi akibat operasi delete record pada sebuah relasi disebut?
-a. Deletion Anomali
b.
Update Anomali
c.
Inkonsistensi
d.
Deletion Error
e.
Duplicate Insertion
9.Masalah
yang mungkin terjadi pada relasi yang telah dinormalisasi adalah…
a.Inconsistency
b.Duplicate
-c.RefentialIntegrity
d.TransitifDependency
e.FunctionalDependency
10.Satu
attribute atau satu set mini malatribute yang mengidentifikasikan secara unik suatu
kejadian yang spesifik dari entity disebut?
a.AlternateKey d.PrimaryKey
b.ForeignKey -e.CandidateKey
c.SuperKey
11.Kumpulan
data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, disebut
bentuk normalisasi?
a.Inkonsistensi d.Anomali
b.FirstNormalForm e.BCNF
-c.Unnormalized
12.Jika
dan hanya jika sifat dari suatu relasi atributnya bersif atatomic, adalah bentuk
Normalisasi?
a.Unnormalized
-b.1NF
c.2NF
d.BCNF
e.PJNF
13.Atribute
bukan kunci haruslah bergantung secara fungsi pada kunciutama/primary key adalah
ciri dari?
a.PrimaryKey -d.SecondNormalForm
b.PartialParticipation e.Normalisasi
c.Binarydegree
14.Perubahan
dari 2NF ke 3NF adalah untuk?
-a.Menghilangkan ketergantungan transitif
b.Menghilangkananomali
c.Menghilangkanredundancy
d.MenghilangkanDeterminan
e.Menghilangkanketergantungan
15.BCNF
ke panjangan dari?
a.
Bentuk Normal Form
b.
First Normal
-c. Boyce Codd Normal Form
d.
Bad Codd Normal Form
e.
Boyce Cot Norm Form
1.
Suatu sistem pengelolaan atau penyusunan data-data dengan menggunakan komputer
yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan disebut :
a.
Database c. Sistem database
b.
Sistem d. File
e.
File System
2.
Fakta dari suatu obyek disebut :
a.
Informasi c. Database
b. Data d.
DMBS
e.
Metadata
3.
Yang merupakan pemakai (User) dari database adalah kecuali :
a.
Programmer c. DBA
b.
End User d. Database
administrator
e.
Network Guy
4.
Istilah lain dari entitas adalah :
a. File c. Field
b.
Record d. Database
e.
Page
5.
Kumpulan dari beberapa field yang sejenis disebut juga dengan :
a.
File c. Field
b.
Record d. Database
e.
Column
Pertemuan 2
1.
Hasil akhir dari kompilasi Data Definition Language (DDL) adalah :
a. Data dictionary d. Data definition
b. Database e.
Query
c. Filec.
File
2. Salah satu contoh tipe data DML non
prosedural adalah
a.
Foxbase d. DDL
b. SQL e.
PostgreeSQL
c.
Clipper
3.
Berikut ini adalah komponen-komponen dari DBMS,kecuali :
a.
Query prosessor d. DML Processor
b.
Database manager e. Database Admin
c.
File manager
4.
Salah satu contoh tipe data DML prosedural adalah :
a.
SQL d. Foxbase
b.
DBMS e. PL/SQL
c.
QBE
5.
Data definition langguage (DDL) adalah suatu bentuk bahasa pada DBMS yang biasa
digunakan oleh :
a.
Programmer d. DBA
b.
Analis e.
Network Engineer
c.
End user
Pertemuan 3
1.
Berikut ini adalah salah satu jenis Object based data model, kecuali :
a.
Entity Relationship model
b.
Binary model
c.
Semantik model
d. Model
relational
e.
Model Jaringan
2.
Simbol yang digunakan untuk menunjukan object dasar pada ER model adalah:
a.
Lingkaran d. Demand
b.
Line e.
Belah ketupat
c. Box
3.
Simbol lingkaran pada ER- model digunakan untuk menggambarkan :
a.
Relasi d. Entitas
b.
Object dasar e. Enterprise
c. Atribut
4.
Model data berbasis record terdiri dari :
a.
Model hirarki d. Model Fungsional
b.
Model semantik e. a dan c
benar
c.
Model jaringan
5.Simbol
garis atau line pada ER model menunjukan :
a.
Object dasar d. Atribute
b.
Relasi e. Enterprise
c. Adanya suatu
relasi
Pertemuan 4
1.
Suatu kumpulan object atau sesuatu yang dapat dibedakan atau dapat
diidentifikasikan secara unik
a. Entitas d. Indicator
b.
Atribut e. Cardinality
c.
Relationship
2.
Menentukan jumlah entity yang bersesuaian dengan entity yang lain
a.
Multivalue Atribut d. Participant
Constraint
b.
Relationship e. Entity
Realtionship
c. Mapping Cardinality
3.
Contoh yang menunjukkan mengenai Participant Constraint adalah …
a.
Satu MataKuliah mempunyai satu Penanggung Jawab
b.
Satu suplier dapat menyuplai Banyak Barang
c.
Satu Barang dapat dibeli dalam beberapa transaksi
d. Departemen
harus mempunyai setidaknya satu Pegawai
e.
Dalam setiap transaksi dapat terdiri dari beberapa barang
4. Hubungan yang terjadi antara satu entitas
atau lebih disebut :
a.Relationship d.
Derjat
b.
Atribut e. Cardinality
c.
entitas
5.
Entity set yang dependent terhadap strong entity set digambarkan dengan :
a.
Box d. Bujur sangkar
b.
Persegi panjang bertumpuk
c.
Lingkaran e. Lingkaran
Pertemuan 5
1.
Normalisasi pertama kali dikemukakan oleh :
a. E.F. CODD d. John Warnier
b.
Niklaus Wirth e. Isac
c. Boyce CODD
2.
Sebuah relation yang jumlah kerangkapan datanya sedikit (Minimum Amount of
Redudancy), serta memberikan kemungkinan bagi user untuk melakukan insert,
delete, modify disebut dengan :
a.
Normalisasi d. Fragmentasi
b.
Anomalisasi e. Refential Integrity
c. Well Structure
Relation
3.
Proses pengelompokan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukan entity dan
relasinya, merupakan pengertian dari :
a.
Entity d. model data
b.
Anomali e. Atribut
c. Normalisasi
4.
Penyimpangan-penyimpangan atau error atau inkonsistensi data yang terjadi pada
saat dilakukan proses insert, delete maupun update disebut dengan :
a.
Entity d. Normalisasi
b. Anomali e. Model data
c.
Performance Problem
5.
Himpunan dari satu atau lebih entitas yang digunakan untuk mengidentifikasikan
secara unik sebuah entitas dalam entitas set disebut:
a. Super key d.
Candidate key
b.
Primary key e. Foreign
Key
c.
Alternate Key
Pertemuan 6
1.
Kumpulan data yang akan direkam apa adanya, data tidak lengkap dan terjadi
redundansi merupakan salah satu ciri dari :
a. Unnormalized
form d.
Second normal form
b.
First normal form e. BCNF
c.
Third Normal Form
2.
Yang merupakan ciri-ciri dari first normal form adalah sebagai berikut, kecuali
:
a.
Setiap data dibentuk dalam flat file
b.
Tidak ada set attribut yang berulang
c. Data direkam apa adanya
d.
Tiap field hanya mempunyai satu pengertian
e.
Menghilangkan ketergantungan kunci kandidat
3. Setiap data dibentuk dalam flat file, data
dibentuk dalam satu record demi satu record dan nilai dari field berupa atomic
value merupakan ciri dari :
a.
Unnormalized form d. Second normal form
b. First normal
form e.
BCNF
c.
Fourth normal form
4.
Salah satu syarat terbentuknya second normal form adalah :
a.
Bentuk data telah memenuhi kreteria
unnormalized
b.
Tiap field hanya mempunyai satu pengertian
c. Bentuk data
telah memenuhi kriteria first normal form
d.
Telah terbentuk relasi antar tabel relational
e.
Data-data masih banyak yang berulang
5.
Semua atribut bukan primer tidak mempunyai hubungan yang transitif, hal
ini merupakan ciri dari :
a. Third normal
form d.
Second normal form
b.
First normal form e. BCNF
c.
Fifth normal form
SOAL LATIHAN UAS
MANAJEMEN BISNIS 1. Perencanaan adalah salah satu bagian dari elemen
dasar manajemen dan termasuk kedalam elemen : a. Sifat d. Tujuan b.
Objek e. Fungsi c. Sasaran 2. Proses mengupayakan agar bawahan bekerja
sebagian mungkin , disebut : a. Pemotivasian d. Kepemimpinan b.
Perencanaan e. Pengorganisasian c. Pengendalian 3. Akumulasi pengetahuan
yang telah di sistematisasikan dan di organisasikan untuk mencapai
kebenaran umum adalah sifat manajemen sebagai : a. Ilmu d. Kesatuan b.
Fakta e. Integritas c. Seni 4. Suatu keahlian, kemahiran, kemampuan dan
keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan
adalah sifat manajemen sebagai : a. Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e.
Integritas c. Seni 5. Lebih banyak berhubungan dengan kepuasan ekonomis,
psiologis dan sosial disebut tujuan : a. Makro d. Individu b. Mikro e.
Perusahaan c. Organisasi 6. Perbedaan antara manajemen, manajer dan
kepemimpinan dilihat dari : a. Bentuk organisasi d. Sifat & Jiwanya
b. Kedudukannya e. Adanya keterkaitan c. Kekuasaan 7. Peran manajer
sebagai pemimpin disebut sebagai peran : a. Decision Roles d. Informal
Roles b. Informational Roles e. International Roles c. Interpersonal
Roles 8. Tingkatan manajemen dalam organisasi menurut T Hani Handoko
membagi manajer menjadi 3 golongan, diantaranya : a. Komisaris d.
Direktur b. Manajer personalia e. Manajer lini pertama c. Manajer SDM 9.
Central figure, leader dan liason dalam peran manajer termasuk peran :
a. Fungsional d. Pengambil keputusan b. Informasional e. Perencanaan c.
Antar pribadi manajer 10. Recruitment pelatihan dan penempatan karyawan
merupakan fungsi : a. Organizing d. Staffing b. Leading e. Controlling
c. Planing 11. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab : a. Perilaku
d. Usaha Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c.
Manajemen Ilmiah Klasik 12. Manajemen bukanlah suatu bakat tetapi suatu
keterampilan sehingga manajer bukanlah pembawaan tetapi pelatihan dan
pengalaman , menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu
manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 13. Para
pekerja akan bekerja lebih keras, bila mereka yakin bahwa manajemen
memikirkan kesejahteraan mereka menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 14. Organisasi sebagai sebuah sistem terpadu dengan maksud
tertentu yang terdiri atas komponen yang berhubungan menurut mazhab :
a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi
Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 15. Yang termasuk kebutuhan fisiologis
adalah : a. Persahabatan d. Asuransi b. Makan e. Serikat Pekerja c.
Tabungan 16. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu : a. Menyangkut
masa yang lalu d. Pengawasan b. Delegasi e. Menyangkut masa yang akan
datang c. Tidak ada unsur waktu 17. Rencana yang dirancang untuk
mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana : a. Operasional d.
Tetap b. Strategis e. Programming c. Sekali pakai 18. Rencana yang
memberikan deksripsi tentang bagaimana rencana strategis
dilaksanakan,disebut rencana : a. Operasional d. Tetap b. Strategis e.
Programming c. Sekali Pakai 19. Menetapkan anggaran perusahaan termasuk
kedalam rencana : a. Strategis d. Sekali Pakai b. Operasional e. Terpadu
c. Tetap 20. Suatu pedoman umum dalam pengambilan keputusan disebut
juga : a. Prosedur standar d. Etika b. Peraturan e. Perundangan c.
Policy 21. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan
yaitu : a. Manajer d. Manajemen b. Karyawan e. Supplier c. Serikat kerja
22. Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai :
a. Keinginan d. Motivasi b. Visi e. Strategik c. Tujuan 23. Suatu
pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi disebut : a. Misi d.
Inovasi b. Visi e. Strategik c. Motivasi 24. Pemegang saham dan
langganan dalam perumusan tujuan termasuk koalisi : a. Internal d.
Importir b. Eksportir e. Eksternal c. Gabungan 25. Memproduksi barang
dan jasa merupakan tipe tujuan : a. Kemasyarakatan d. Keluaran b.
Turunan e. Produk c. Sosial 26. Jenis keputusan yang teknik
penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan : a.
Terpadu d. Tak Terprogram b. Konvensional e. Terbuka c. Terprogram 27.
Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan : a.
Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 28.
Keputusan untuk menangani proyek baru dan tidak tersusun merupakan
keputusan : a. Terprogram d. Kompleks b. Terpadu e. Berulang c. Tak
Terprogram 29. Kenaekan harga pokok adalah contoh untuk sistem keputusan
: a. Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 30.
Menurut hierarki , permasalahan dapat dibedakan atas permasalahan yang
bersifat : a. Terbuka d. Random b. Tertutup e. Sequential c. Sederhana
31. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain : a. Stereotip d.
Kebutuhan b. Emosi e. Situasional c. Lingkungan 32. Ciri yang relatip
mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut :
a. Sikap d. Persepsi b. Mental e. Kepribadian c. Belajar 33. Suatu
sistem yang terorganisasi yang melakukan fungsi tertentu dan serangkaian
peran antar anggotanya disebut : a. Tim d. Manajer b. Organisasi e.
Kelompok c. Manajemen 34. Penentuan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan : a. Pembagian Kerja d. Delegasi b. Departementalisasi e.
Wewenang. c. Rentang Kendali 35. Yang termasuk kedalam varieabel
lingkungan yang mempengaruhi perilaku adalah : a. Kelas Sosial d.
Persepsi b. Belajar e. Mental c. Sikap 36. Kemampuan pimpinan untuk
mengatur bawahannya disebut : a. Span Of Control d. Span Of Attention b.
Span Of Authority e. Span Of Supervision c. Span Of Market 37.
Kemampuan pimpinan untuk mengawasi bawahannya disebut : a. Span Of
Control d. Span Of Attention b. Span Of Authority e. Span Of Supervision
c. Span Of Market 38. Reciprocal Interdependence adalah istilah untuk
saling ketergantungan yang : a. Menyatu d. Berkelanjutan b. Berurutan e.
Timbal Balik c. Terpisah 39. Teori yang menyanggah pendapat bahwa
wewenang dapat dianugrahkan disebut : a. Pendelegasian d. Kepercayaan b.
Teori Formal e. Pelimpahan c. Teori Penerimaan 40. Hak yang dipunyai
oleh staff untuk menyarankan merekomendasikan, konsultasi kepada
personalia lini,tapi tidak dapat memerintah lini mengerjakan kegiatan
tertentu disebut : a. Wewenang Lini d. Power b. Wewenang Staf e.
Authority c. Wewenang Staf Fungsional 41. Secara etmologi motivasi dapat
diartikan sebagai : a. Organisasi d. Perencanaan b. Pengawasan e.
Pengendalian c. Dorongan 42. Seseorang yang memiliki keinginan
berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai
sasaran disebut : a. Penghargaan d. Tantangan b. Kinerja e. Tanggung
Jawab c. Responsibility 43. Proses pemindahan pengertian dalam bentuk
gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain disebut : a.
Kekuasaan d. Delegasi b. Wewenang e. Reputasi c. Komunikasi 44.
Komunikasi yang memotong secara menyilang rantai perintah organisasi
disebut komunikasi : a. Horizontal d. Bisnis b. Vertikal e. Maya c.
Diagonal 45. Tindakan seseorang yang tidak sesuai dengan usiannya
disebut : a. Fixsasi d. Regresi b. Resignasi e. Abolisi c. Ambisi 46.
Analisa ratio digunakan untuk membandingankan angka-angka historis
perusahaan secara : a. Random d. Time Series b. Tepat Waktu e. Jangka
Panjang c. Logika 47. Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus : a.
Debt Equity Ratio d. Cash Ratio b. Earning Ratio e. Current Ratio c.
Quick Ratio 48. Diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki
secara terus-menerus semua bidang dalam perusahaan adalah modal
manajemen konterporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e.
Balance Scorecard c. Just In Time 49. Versi restrukturisasi organisai
yang menghasilkan penurunan besaran organisasi dan sering menghasilkan
struktur organisasi yang lebih mendatar adalah model manajemen
kontermporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e. Balance
Scorecard c. Just In Time 50. Kata bisnis berasal dari bahasa : a.
Melayu d. Inggris b. Amerika e. Perancis c. Sansekerta 51. Melihat pada
asal katanya bisnis berarti : a. Manusia d. Karyawan b. Perusahaan e.
Owner c. Pekerja 52. Perusahaan yang dikelola sendiri oleh pemiliknya
disebut perusahaan : a. Besar d. Giant b. Konglomerat e. Akuisisi c.
Kecil 53. Perusahaan yang akses sumber dananya mudah disebut perusahaan :
a. Besar d. Asongan b. Klontong e. Pailit c. Kecil 54. Maksud dan
tujuan bisnis sangat terkait erat dengan faktor-faktor : a. Nasional d.
Budaya b. Internasional e. Keuntungan Usaha c. Lokal 55. Dunia bisnis
harus meningkatkan produktivitasnya karena mereka akan menghadapi pasar
luas yang makin berkembang disebut tantangan : a. Produktivitas d.
Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 56. Konsumen merasa
tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan : a.
Produktivitas d. Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 57.
Kursi adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession
Utility b. Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 58. Payung
adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession Utility b.
Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 59. Internasional
Standardization Organization (ISO) berkedudukan di : a. Jakarta d. Paris
b. New York e. Jenewa c. Bangkok Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
1. Perencanaan adalah
salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan termasuk kedalam
elemen : a. Sifat d. Tujuan b. Objek e. Fungsi c. Sasaran 2. Proses
mengupayakan agar bawahan bekerja sebagian mungkin , disebut : a.
Pemotivasian d. Kepemimpinan b. Perencanaan e. Pengorganisasian c.
Pengendalian 3. Akumulasi pengetahuan yang telah di sistematisasikan dan
di organisasikan untuk mencapai kebenaran umum adalah sifat manajemen
sebagai : a. Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 4. Suatu
keahlian, kemahiran, kemampuan dan keterampilan dalam aplikasi ilmu
pengetahuan untuk mencapai tujuan adalah sifat manajemen sebagai : a.
Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 5. Lebih banyak
berhubungan dengan kepuasan ekonomis, psiologis dan sosial disebut
tujuan : a. Makro d. Individu b. Mikro e. Perusahaan c. Organisasi 6.
Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari : a.
Bentuk organisasi d. Sifat & Jiwanya b. Kedudukannya e. Adanya
keterkaitan c. Kekuasaan 7. Peran manajer sebagai pemimpin disebut
sebagai peran : a. Decision Roles d. Informal Roles b. Informational
Roles e. International Roles c. Interpersonal Roles 8. Tingkatan
manajemen dalam organisasi menurut T Hani Handoko membagi manajer
menjadi 3 golongan, diantaranya : a. Komisaris d. Direktur b. Manajer
personalia e. Manajer lini pertama c. Manajer SDM 9. Central figure,
leader dan liason dalam peran manajer termasuk peran : a. Fungsional d.
Pengambil keputusan b. Informasional e. Perencanaan c. Antar pribadi
manajer 10. Recruitment pelatihan dan penempatan karyawan merupakan
fungsi : a. Organizing d. Staffing b. Leading e. Controlling c. Planing
11. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 12. Manajemen bukanlah suatu bakat tetapi suatu
keterampilan sehingga manajer bukanlah pembawaan tetapi pelatihan dan
pengalaman , menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu
manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 13. Para
pekerja akan bekerja lebih keras, bila mereka yakin bahwa manajemen
memikirkan kesejahteraan mereka menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 14. Organisasi sebagai sebuah sistem terpadu dengan maksud
tertentu yang terdiri atas komponen yang berhubungan menurut mazhab :
a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi
Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 15. Yang termasuk kebutuhan fisiologis
adalah : a. Persahabatan d. Asuransi b. Makan e. Serikat Pekerja c.
Tabungan 16. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu : a. Menyangkut
masa yang lalu d. Pengawasan b. Delegasi e. Menyangkut masa yang akan
datang c. Tidak ada unsur waktu 17. Rencana yang dirancang untuk
mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana : a. Operasional d.
Tetap b. Strategis e. Programming c. Sekali pakai 18. Rencana yang
memberikan deksripsi tentang bagaimana rencana strategis
dilaksanakan,disebut rencana : a. Operasional d. Tetap b. Strategis e.
Programming c. Sekali Pakai 19. Menetapkan anggaran perusahaan termasuk
kedalam rencana : a. Strategis d. Sekali Pakai b. Operasional e. Terpadu
c. Tetap 20. Suatu pedoman umum dalam pengambilan keputusan disebut
juga : a. Prosedur standar d. Etika b. Peraturan e. Perundangan c.
Policy 21. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan
yaitu : a. Manajer d. Manajemen b. Karyawan e. Supplier c. Serikat kerja
22. Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai :
a. Keinginan d. Motivasi b. Visi e. Strategik c. Tujuan 23. Suatu
pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi disebut : a. Misi d.
Inovasi b. Visi e. Strategik c. Motivasi 24. Pemegang saham dan
langganan dalam perumusan tujuan termasuk koalisi : a. Internal d.
Importir b. Eksportir e. Eksternal c. Gabungan 25. Memproduksi barang
dan jasa merupakan tipe tujuan : a. Kemasyarakatan d. Keluaran b.
Turunan e. Produk c. Sosial 26. Jenis keputusan yang teknik
penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan : a.
Terpadu d. Tak Terprogram b. Konvensional e. Terbuka c. Terprogram 27.
Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan : a.
Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 28.
Keputusan untuk menangani proyek baru dan tidak tersusun merupakan
keputusan : a. Terprogram d. Kompleks b. Terpadu e. Berulang c. Tak
Terprogram 29. Kenaekan harga pokok adalah contoh untuk sistem keputusan
: a. Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 30.
Menurut hierarki , permasalahan dapat dibedakan atas permasalahan yang
bersifat : a. Terbuka d. Random b. Tertutup e. Sequential c. Sederhana
31. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain : a. Stereotip d.
Kebutuhan b. Emosi e. Situasional c. Lingkungan 32. Ciri yang relatip
mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut :
a. Sikap d. Persepsi b. Mental e. Kepribadian c. Belajar 33. Suatu
sistem yang terorganisasi yang melakukan fungsi tertentu dan serangkaian
peran antar anggotanya disebut : a. Tim d. Manajer b. Organisasi e.
Kelompok c. Manajemen 34. Penentuan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan : a. Pembagian Kerja d. Delegasi b. Departementalisasi e.
Wewenang. c. Rentang Kendali 35. Yang termasuk kedalam varieabel
lingkungan yang mempengaruhi perilaku adalah : a. Kelas Sosial d.
Persepsi b. Belajar e. Mental c. Sikap 36. Kemampuan pimpinan untuk
mengatur bawahannya disebut : a. Span Of Control d. Span Of Attention b.
Span Of Authority e. Span Of Supervision c. Span Of Market 37.
Kemampuan pimpinan untuk mengawasi bawahannya disebut : a. Span Of
Control d. Span Of Attention b. Span Of Authority e. Span Of Supervision
c. Span Of Market 38. Reciprocal Interdependence adalah istilah untuk
saling ketergantungan yang : a. Menyatu d. Berkelanjutan b. Berurutan e.
Timbal Balik c. Terpisah 39. Teori yang menyanggah pendapat bahwa
wewenang dapat dianugrahkan disebut : a. Pendelegasian d. Kepercayaan b.
Teori Formal e. Pelimpahan c. Teori Penerimaan 40. Hak yang dipunyai
oleh staff untuk menyarankan merekomendasikan, konsultasi kepada
personalia lini,tapi tidak dapat memerintah lini mengerjakan kegiatan
tertentu disebut : a. Wewenang Lini d. Power b. Wewenang Staf e.
Authority c. Wewenang Staf Fungsional 41. Secara etmologi motivasi dapat
diartikan sebagai : a. Organisasi d. Perencanaan b. Pengawasan e.
Pengendalian c. Dorongan 42. Seseorang yang memiliki keinginan
berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai
sasaran disebut : a. Penghargaan d. Tantangan b. Kinerja e. Tanggung
Jawab c. Responsibility 43. Proses pemindahan pengertian dalam bentuk
gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain disebut : a.
Kekuasaan d. Delegasi b. Wewenang e. Reputasi c. Komunikasi 44.
Komunikasi yang memotong secara menyilang rantai perintah organisasi
disebut komunikasi : a. Horizontal d. Bisnis b. Vertikal e. Maya c.
Diagonal 45. Tindakan seseorang yang tidak sesuai dengan usiannya
disebut : a. Fixsasi d. Regresi b. Resignasi e. Abolisi c. Ambisi 46.
Analisa ratio digunakan untuk membandingankan angka-angka historis
perusahaan secara : a. Random d. Time Series b. Tepat Waktu e. Jangka
Panjang c. Logika 47. Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus : a.
Debt Equity Ratio d. Cash Ratio b. Earning Ratio e. Current Ratio c.
Quick Ratio 48. Diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki
secara terus-menerus semua bidang dalam perusahaan adalah modal
manajemen konterporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e.
Balance Scorecard c. Just In Time 49. Versi restrukturisasi organisai
yang menghasilkan penurunan besaran organisasi dan sering menghasilkan
struktur organisasi yang lebih mendatar adalah model manajemen
kontermporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e. Balance
Scorecard c. Just In Time 50. Kata bisnis berasal dari bahasa : a.
Melayu d. Inggris b. Amerika e. Perancis c. Sansekerta 51. Melihat pada
asal katanya bisnis berarti : a. Manusia d. Karyawan b. Perusahaan e.
Owner c. Pekerja 52. Perusahaan yang dikelola sendiri oleh pemiliknya
disebut perusahaan : a. Besar d. Giant b. Konglomerat e. Akuisisi c.
Kecil 53. Perusahaan yang akses sumber dananya mudah disebut perusahaan :
a. Besar d. Asongan b. Klontong e. Pailit c. Kecil 54. Maksud dan
tujuan bisnis sangat terkait erat dengan faktor-faktor : a. Nasional d.
Budaya b. Internasional e. Keuntungan Usaha c. Lokal 55. Dunia bisnis
harus meningkatkan produktivitasnya karena mereka akan menghadapi pasar
luas yang makin berkembang disebut tantangan : a. Produktivitas d.
Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 56. Konsumen merasa
tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan : a.
Produktivitas d. Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 57.
Kursi adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession
Utility b. Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 58. Payung
adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession Utility b.
Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 59. Internasional
Standardization Organization (ISO) berkedudukan di : a. Jakarta d. Paris
b. New York e. Jenewa c. Bangkok Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
1. Perencanaan adalah
salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan termasuk kedalam
elemen : a. Sifat d. Tujuan b. Objek e. Fungsi c. Sasaran 2. Proses
mengupayakan agar bawahan bekerja sebagian mungkin , disebut : a.
Pemotivasian d. Kepemimpinan b. Perencanaan e. Pengorganisasian c.
Pengendalian 3. Akumulasi pengetahuan yang telah di sistematisasikan dan
di organisasikan untuk mencapai kebenaran umum adalah sifat manajemen
sebagai : a. Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 4. Suatu
keahlian, kemahiran, kemampuan dan keterampilan dalam aplikasi ilmu
pengetahuan untuk mencapai tujuan adalah sifat manajemen sebagai : a.
Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 5. Lebih banyak
berhubungan dengan kepuasan ekonomis, psiologis dan sosial disebut
tujuan : a. Makro d. Individu b. Mikro e. Perusahaan c. Organisasi 6.
Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari : a.
Bentuk organisasi d. Sifat & Jiwanya b. Kedudukannya e. Adanya
keterkaitan c. Kekuasaan 7. Peran manajer sebagai pemimpin disebut
sebagai peran : a. Decision Roles d. Informal Roles b. Informational
Roles e. International Roles c. Interpersonal Roles 8. Tingkatan
manajemen dalam organisasi menurut T Hani Handoko membagi manajer
menjadi 3 golongan, diantaranya : a. Komisaris d. Direktur b. Manajer
personalia e. Manajer lini pertama c. Manajer SDM 9. Central figure,
leader dan liason dalam peran manajer termasuk peran : a. Fungsional d.
Pengambil keputusan b. Informasional e. Perencanaan c. Antar pribadi
manajer 10. Recruitment pelatihan dan penempatan karyawan merupakan
fungsi : a. Organizing d. Staffing b. Leading e. Controlling c. Planing
11. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 12. Manajemen bukanlah suatu bakat tetapi suatu
keterampilan sehingga manajer bukanlah pembawaan tetapi pelatihan dan
pengalaman , menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu
manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 13. Para
pekerja akan bekerja lebih keras, bila mereka yakin bahwa manajemen
memikirkan kesejahteraan mereka menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 14. Organisasi sebagai sebuah sistem terpadu dengan maksud
tertentu yang terdiri atas komponen yang berhubungan menurut mazhab :
a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi
Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 15. Yang termasuk kebutuhan fisiologis
adalah : a. Persahabatan d. Asuransi b. Makan e. Serikat Pekerja c.
Tabungan 16. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu : a. Menyangkut
masa yang lalu d. Pengawasan b. Delegasi e. Menyangkut masa yang akan
datang c. Tidak ada unsur waktu 17. Rencana yang dirancang untuk
mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana : a. Operasional d.
Tetap b. Strategis e. Programming c. Sekali pakai 18. Rencana yang
memberikan deksripsi tentang bagaimana rencana strategis
dilaksanakan,disebut rencana : a. Operasional d. Tetap b. Strategis e.
Programming c. Sekali Pakai 19. Menetapkan anggaran perusahaan termasuk
kedalam rencana : a. Strategis d. Sekali Pakai b. Operasional e. Terpadu
c. Tetap 20. Suatu pedoman umum dalam pengambilan keputusan disebut
juga : a. Prosedur standar d. Etika b. Peraturan e. Perundangan c.
Policy 21. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan
yaitu : a. Manajer d. Manajemen b. Karyawan e. Supplier c. Serikat kerja
22. Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai :
a. Keinginan d. Motivasi b. Visi e. Strategik c. Tujuan 23. Suatu
pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi disebut : a. Misi d.
Inovasi b. Visi e. Strategik c. Motivasi 24. Pemegang saham dan
langganan dalam perumusan tujuan termasuk koalisi : a. Internal d.
Importir b. Eksportir e. Eksternal c. Gabungan 25. Memproduksi barang
dan jasa merupakan tipe tujuan : a. Kemasyarakatan d. Keluaran b.
Turunan e. Produk c. Sosial 26. Jenis keputusan yang teknik
penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan : a.
Terpadu d. Tak Terprogram b. Konvensional e. Terbuka c. Terprogram 27.
Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan : a.
Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 28.
Keputusan untuk menangani proyek baru dan tidak tersusun merupakan
keputusan : a. Terprogram d. Kompleks b. Terpadu e. Berulang c. Tak
Terprogram 29. Kenaekan harga pokok adalah contoh untuk sistem keputusan
: a. Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 30.
Menurut hierarki , permasalahan dapat dibedakan atas permasalahan yang
bersifat : a. Terbuka d. Random b. Tertutup e. Sequential c. Sederhana
31. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain : a. Stereotip d.
Kebutuhan b. Emosi e. Situasional c. Lingkungan 32. Ciri yang relatip
mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut :
a. Sikap d. Persepsi b. Mental e. Kepribadian c. Belajar 33. Suatu
sistem yang terorganisasi yang melakukan fungsi tertentu dan serangkaian
peran antar anggotanya disebut : a. Tim d. Manajer b. Organisasi e.
Kelompok c. Manajemen 34. Penentuan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan : a. Pembagian Kerja d. Delegasi b. Departementalisasi e.
Wewenang. c. Rentang Kendali 35. Yang termasuk kedalam varieabel
lingkungan yang mempengaruhi perilaku adalah : a. Kelas Sosial d.
Persepsi b. Belajar e. Mental c. Sikap 36. Kemampuan pimpinan untuk
mengatur bawahannya disebut : a. Span Of Control d. Span Of Attention b.
Span Of Authority e. Span Of Supervision c. Span Of Market 37.
Kemampuan pimpinan untuk mengawasi bawahannya disebut : a. Span Of
Control d. Span Of Attention b. Span Of Authority e. Span Of Supervision
c. Span Of Market 38. Reciprocal Interdependence adalah istilah untuk
saling ketergantungan yang : a. Menyatu d. Berkelanjutan b. Berurutan e.
Timbal Balik c. Terpisah 39. Teori yang menyanggah pendapat bahwa
wewenang dapat dianugrahkan disebut : a. Pendelegasian d. Kepercayaan b.
Teori Formal e. Pelimpahan c. Teori Penerimaan 40. Hak yang dipunyai
oleh staff untuk menyarankan merekomendasikan, konsultasi kepada
personalia lini,tapi tidak dapat memerintah lini mengerjakan kegiatan
tertentu disebut : a. Wewenang Lini d. Power b. Wewenang Staf e.
Authority c. Wewenang Staf Fungsional 41. Secara etmologi motivasi dapat
diartikan sebagai : a. Organisasi d. Perencanaan b. Pengawasan e.
Pengendalian c. Dorongan 42. Seseorang yang memiliki keinginan
berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai
sasaran disebut : a. Penghargaan d. Tantangan b. Kinerja e. Tanggung
Jawab c. Responsibility 43. Proses pemindahan pengertian dalam bentuk
gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain disebut : a.
Kekuasaan d. Delegasi b. Wewenang e. Reputasi c. Komunikasi 44.
Komunikasi yang memotong secara menyilang rantai perintah organisasi
disebut komunikasi : a. Horizontal d. Bisnis b. Vertikal e. Maya c.
Diagonal 45. Tindakan seseorang yang tidak sesuai dengan usiannya
disebut : a. Fixsasi d. Regresi b. Resignasi e. Abolisi c. Ambisi 46.
Analisa ratio digunakan untuk membandingankan angka-angka historis
perusahaan secara : a. Random d. Time Series b. Tepat Waktu e. Jangka
Panjang c. Logika 47. Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus : a.
Debt Equity Ratio d. Cash Ratio b. Earning Ratio e. Current Ratio c.
Quick Ratio 48. Diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki
secara terus-menerus semua bidang dalam perusahaan adalah modal
manajemen konterporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e.
Balance Scorecard c. Just In Time 49. Versi restrukturisasi organisai
yang menghasilkan penurunan besaran organisasi dan sering menghasilkan
struktur organisasi yang lebih mendatar adalah model manajemen
kontermporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e. Balance
Scorecard c. Just In Time 50. Kata bisnis berasal dari bahasa : a.
Melayu d. Inggris b. Amerika e. Perancis c. Sansekerta 51. Melihat pada
asal katanya bisnis berarti : a. Manusia d. Karyawan b. Perusahaan e.
Owner c. Pekerja 52. Perusahaan yang dikelola sendiri oleh pemiliknya
disebut perusahaan : a. Besar d. Giant b. Konglomerat e. Akuisisi c.
Kecil 53. Perusahaan yang akses sumber dananya mudah disebut perusahaan :
a. Besar d. Asongan b. Klontong e. Pailit c. Kecil 54. Maksud dan
tujuan bisnis sangat terkait erat dengan faktor-faktor : a. Nasional d.
Budaya b. Internasional e. Keuntungan Usaha c. Lokal 55. Dunia bisnis
harus meningkatkan produktivitasnya karena mereka akan menghadapi pasar
luas yang makin berkembang disebut tantangan : a. Produktivitas d.
Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 56. Konsumen merasa
tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan : a.
Produktivitas d. Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 57.
Kursi adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession
Utility b. Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 58. Payung
adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession Utility b.
Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 59. Internasional
Standardization Organization (ISO) berkedudukan di : a. Jakarta d. Paris
b. New York e. Jenewa c. Bangkok Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
1. Perencanaan adalah
salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan termasuk kedalam
elemen : a. Sifat d. Tujuan b. Objek e. Fungsi c. Sasaran 2. Proses
mengupayakan agar bawahan bekerja sebagian mungkin , disebut : a.
Pemotivasian d. Kepemimpinan b. Perencanaan e. Pengorganisasian c.
Pengendalian 3. Akumulasi pengetahuan yang telah di sistematisasikan dan
di organisasikan untuk mencapai kebenaran umum adalah sifat manajemen
sebagai : a. Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 4. Suatu
keahlian, kemahiran, kemampuan dan keterampilan dalam aplikasi ilmu
pengetahuan untuk mencapai tujuan adalah sifat manajemen sebagai : a.
Ilmu d. Kesatuan b. Fakta e. Integritas c. Seni 5. Lebih banyak
berhubungan dengan kepuasan ekonomis, psiologis dan sosial disebut
tujuan : a. Makro d. Individu b. Mikro e. Perusahaan c. Organisasi 6.
Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari : a.
Bentuk organisasi d. Sifat & Jiwanya b. Kedudukannya e. Adanya
keterkaitan c. Kekuasaan 7. Peran manajer sebagai pemimpin disebut
sebagai peran : a. Decision Roles d. Informal Roles b. Informational
Roles e. International Roles c. Interpersonal Roles 8. Tingkatan
manajemen dalam organisasi menurut T Hani Handoko membagi manajer
menjadi 3 golongan, diantaranya : a. Komisaris d. Direktur b. Manajer
personalia e. Manajer lini pertama c. Manajer SDM 9. Central figure,
leader dan liason dalam peran manajer termasuk peran : a. Fungsional d.
Pengambil keputusan b. Informasional e. Perencanaan c. Antar pribadi
manajer 10. Recruitment pelatihan dan penempatan karyawan merupakan
fungsi : a. Organizing d. Staffing b. Leading e. Controlling c. Planing
11. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 12. Manajemen bukanlah suatu bakat tetapi suatu
keterampilan sehingga manajer bukanlah pembawaan tetapi pelatihan dan
pengalaman , menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu
manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 13. Para
pekerja akan bekerja lebih keras, bila mereka yakin bahwa manajemen
memikirkan kesejahteraan mereka menurut mazhab : a. Perilaku d. Usaha
Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi Klasik c. Manajemen
Ilmiah Klasik 14. Organisasi sebagai sebuah sistem terpadu dengan maksud
tertentu yang terdiri atas komponen yang berhubungan menurut mazhab :
a. Perilaku d. Usaha Perpaduan b. Ilmu manajemen e. Teori Organisasi
Klasik c. Manajemen Ilmiah Klasik 15. Yang termasuk kebutuhan fisiologis
adalah : a. Persahabatan d. Asuransi b. Makan e. Serikat Pekerja c.
Tabungan 16. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu : a. Menyangkut
masa yang lalu d. Pengawasan b. Delegasi e. Menyangkut masa yang akan
datang c. Tidak ada unsur waktu 17. Rencana yang dirancang untuk
mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana : a. Operasional d.
Tetap b. Strategis e. Programming c. Sekali pakai 18. Rencana yang
memberikan deksripsi tentang bagaimana rencana strategis
dilaksanakan,disebut rencana : a. Operasional d. Tetap b. Strategis e.
Programming c. Sekali Pakai 19. Menetapkan anggaran perusahaan termasuk
kedalam rencana : a. Strategis d. Sekali Pakai b. Operasional e. Terpadu
c. Tetap 20. Suatu pedoman umum dalam pengambilan keputusan disebut
juga : a. Prosedur standar d. Etika b. Peraturan e. Perundangan c.
Policy 21. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan
yaitu : a. Manajer d. Manajemen b. Karyawan e. Supplier c. Serikat kerja
22. Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai :
a. Keinginan d. Motivasi b. Visi e. Strategik c. Tujuan 23. Suatu
pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi disebut : a. Misi d.
Inovasi b. Visi e. Strategik c. Motivasi 24. Pemegang saham dan
langganan dalam perumusan tujuan termasuk koalisi : a. Internal d.
Importir b. Eksportir e. Eksternal c. Gabungan 25. Memproduksi barang
dan jasa merupakan tipe tujuan : a. Kemasyarakatan d. Keluaran b.
Turunan e. Produk c. Sosial 26. Jenis keputusan yang teknik
penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan : a.
Terpadu d. Tak Terprogram b. Konvensional e. Terbuka c. Terprogram 27.
Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan : a.
Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 28.
Keputusan untuk menangani proyek baru dan tidak tersusun merupakan
keputusan : a. Terprogram d. Kompleks b. Terpadu e. Berulang c. Tak
Terprogram 29. Kenaekan harga pokok adalah contoh untuk sistem keputusan
: a. Terbuka e. Konvensional b. Tertutup d. Terpadu c. Terprogram 30.
Menurut hierarki , permasalahan dapat dibedakan atas permasalahan yang
bersifat : a. Terbuka d. Random b. Tertutup e. Sequential c. Sederhana
31. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain : a. Stereotip d.
Kebutuhan b. Emosi e. Situasional c. Lingkungan 32. Ciri yang relatip
mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut :
a. Sikap d. Persepsi b. Mental e. Kepribadian c. Belajar 33. Suatu
sistem yang terorganisasi yang melakukan fungsi tertentu dan serangkaian
peran antar anggotanya disebut : a. Tim d. Manajer b. Organisasi e.
Kelompok c. Manajemen 34. Penentuan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan : a. Pembagian Kerja d. Delegasi b. Departementalisasi e.
Wewenang. c. Rentang Kendali 35. Yang termasuk kedalam varieabel
lingkungan yang mempengaruhi perilaku adalah : a. Kelas Sosial d.
Persepsi b. Belajar e. Mental c. Sikap 36. Kemampuan pimpinan untuk
mengatur bawahannya disebut : a. Span Of Control d. Span Of Attention b.
Span Of Authority e. Span Of Supervision c. Span Of Market 37.
Kemampuan pimpinan untuk mengawasi bawahannya disebut : a. Span Of
Control d. Span Of Attention b. Span Of Authority e. Span Of Supervision
c. Span Of Market 38. Reciprocal Interdependence adalah istilah untuk
saling ketergantungan yang : a. Menyatu d. Berkelanjutan b. Berurutan e.
Timbal Balik c. Terpisah 39. Teori yang menyanggah pendapat bahwa
wewenang dapat dianugrahkan disebut : a. Pendelegasian d. Kepercayaan b.
Teori Formal e. Pelimpahan c. Teori Penerimaan 40. Hak yang dipunyai
oleh staff untuk menyarankan merekomendasikan, konsultasi kepada
personalia lini,tapi tidak dapat memerintah lini mengerjakan kegiatan
tertentu disebut : a. Wewenang Lini d. Power b. Wewenang Staf e.
Authority c. Wewenang Staf Fungsional 41. Secara etmologi motivasi dapat
diartikan sebagai : a. Organisasi d. Perencanaan b. Pengawasan e.
Pengendalian c. Dorongan 42. Seseorang yang memiliki keinginan
berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai
sasaran disebut : a. Penghargaan d. Tantangan b. Kinerja e. Tanggung
Jawab c. Responsibility 43. Proses pemindahan pengertian dalam bentuk
gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain disebut : a.
Kekuasaan d. Delegasi b. Wewenang e. Reputasi c. Komunikasi 44.
Komunikasi yang memotong secara menyilang rantai perintah organisasi
disebut komunikasi : a. Horizontal d. Bisnis b. Vertikal e. Maya c.
Diagonal 45. Tindakan seseorang yang tidak sesuai dengan usiannya
disebut : a. Fixsasi d. Regresi b. Resignasi e. Abolisi c. Ambisi 46.
Analisa ratio digunakan untuk membandingankan angka-angka historis
perusahaan secara : a. Random d. Time Series b. Tepat Waktu e. Jangka
Panjang c. Logika 47. Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus : a.
Debt Equity Ratio d. Cash Ratio b. Earning Ratio e. Current Ratio c.
Quick Ratio 48. Diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki
secara terus-menerus semua bidang dalam perusahaan adalah modal
manajemen konterporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e.
Balance Scorecard c. Just In Time 49. Versi restrukturisasi organisai
yang menghasilkan penurunan besaran organisasi dan sering menghasilkan
struktur organisasi yang lebih mendatar adalah model manajemen
kontermporer : a. Downsizing d. ABC Concept b. Kaizen e. Balance
Scorecard c. Just In Time 50. Kata bisnis berasal dari bahasa : a.
Melayu d. Inggris b. Amerika e. Perancis c. Sansekerta 51. Melihat pada
asal katanya bisnis berarti : a. Manusia d. Karyawan b. Perusahaan e.
Owner c. Pekerja 52. Perusahaan yang dikelola sendiri oleh pemiliknya
disebut perusahaan : a. Besar d. Giant b. Konglomerat e. Akuisisi c.
Kecil 53. Perusahaan yang akses sumber dananya mudah disebut perusahaan :
a. Besar d. Asongan b. Klontong e. Pailit c. Kecil 54. Maksud dan
tujuan bisnis sangat terkait erat dengan faktor-faktor : a. Nasional d.
Budaya b. Internasional e. Keuntungan Usaha c. Lokal 55. Dunia bisnis
harus meningkatkan produktivitasnya karena mereka akan menghadapi pasar
luas yang makin berkembang disebut tantangan : a. Produktivitas d.
Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 56. Konsumen merasa
tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan : a.
Produktivitas d. Sosial b. Kualitas e. Abad 2000 c. Pasar Global 57.
Kursi adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession
Utility b. Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 58. Payung
adalah salah satu contoh dari : a. Form Utility d. Possession Utility b.
Place Utility e. Space Utility c. Time Utility 59. Internasional
Standardization Organization (ISO) berkedudukan di : a. Jakarta d. Paris
b. New York e. Jenewa c. Bangkok Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar