1. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :
a. Bagian desain d. Bagian Syntax
b. Bagian Program e. Bagian Antarmuka
c. Bagian Listing
2. Yang termasuk Media antarmuka
manusia dan komputer adalah :
a. Media GUI d. Media Tekstur
b. Media Window e. Media Gambar
c. Media Konvensional
3. Program
yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat
dokumen, manipulasi photo dan membuat laporan disebut :
a. Piranti bantu mesin
b. Piranti bantu aplikasi
c. Piranti bantu hardware
d. Piranti bantu brainware
e. Piranti bantu user
interface
4. Yang merupakan hardware Output pada
sistem komputer adalah :
a. Monitor d. Keyboard
b. Hardisk e. Mouse
c. RAM
5. Software
yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut :
a. Application Software
b. System Software
c. Operational Software
d. Interaction Software
e. Organitation Software
6. Yang merupakan
karakteristik ragam dialog adalah :
a. Inisiatif d. Kompleksitas
b. Keluwesan e. Kekuatan
c. Konsistensi
7. Ragam dialog
yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch
file adalah :
a. Command Line Dialogue
b. Programming
Language Dialogue
c. Natural Language Interface
d. Form Filling
Dialogue
e. Windowing
System
8. Penyajian
langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan
dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada
pada layar komputer merupakan pengertian :
a. Non Homogen d.
Jendela TTY
b.
Manipulasi Data e. Windows
c. Manipulasi
Langsung
9. Yang merupakan
ragam dialog dalam sistem menu
adalah :
a. Sistem menu pilihan d. Sistem menu horizontal
b. Sistem menu window e. Sistem menu vertical
c. Sistem menu datar
10. User mendapatkan dampaknya
dengan segera setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :
a. Implied actions d. User Control
b. Direct Manipulation e. Consistency
c. Explicit actions
11. WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka merupakan singkatan dari :
a. What You See Is What You Get
b. Who You See Is What You Get
c. What You See Is Where You Get
d. Where You See Is What You Get
e. Who You See Is Who You Get
12. User dapat mentransfer
pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain antar muka sering disebut :
a. Implied
actions d. User
Control
b. Direct Manipulation e. Consistency
c. Explicit actions
13. Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain sebuah layout, adalah
:
a. Berbasis Web
d. Berbasis GUI
b. Berbasis Aplikasi e. Berbasis Text
c. Berbasis Dokumen
14.
Gambar diatas merupakan contoh model
aplikasi :
a. Berbasis Dokumen d. GUI
b. Berbasis Non Dokumen e. Berbasis Teks
c. Layout Utilitas
15. Gambar
dibawah ini merupakan jenis keyboard :
a. Keyboard Dvorak d.
Keyboard Klockenberg
b.
Keyboard QWERTY e.
Keyboard Numeric
c.
Keyboard Alphabetik
16. Bentuk
sederhana dialog atau komunikasi
antara manusia dan komputer yang
hanya berisi teks dan kurang menarik disebut :
a.
Media GUI c. Media Grafik e. Media Interaktif
b. User Interface d. Media Tekstual
17. Untuk mendapatkan lingkungan
kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :
a. Ergonomik d. Sosiologi
b. Psikologi e. Linguistik
c. Antropologi
18. Yang merupakan aspek perangkat lunak
dari sistem komputer adalah
a. Operator d. Operating
System
b. Hardisk e. Random Acces Memory
c. Mouse
19. Tanggapan
subjektif pada cahaya disebut :
a. Luminas
d. Sudut Penglihatan
b. Kontras e. Medan Penglihatan
c. Kecerahan
20. Pada
aspek pendengaran, telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :
a. Kurang dari 24 Db d. Kurang dari 20 dB
b. Kurang dari 140 dB e. Kurang dari 20 bD
c. Kurang dari 20 Hertz
21. Software
harus mempunyai antarmuka yang user friendly merupakan salah satu ciri
dari software yang baik, yaitu :
a. High Performance d.
Reliability
b. Mudah digunakan e.
Mobility
c. Penampilan yang baik
22. Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas disebut
:
a. Antarmuka berbasis
ikon d. Sistem Menu
b. Antarmuka berbasis teks e. Sistem
Penjendelaan
c. Antarmuka GUI
23. Software
AutoCAD merupakan salah satu contoh software penerapan manipulasi langsung
dalam hal :
a. Kontrol Proses d. Window
b. Editor
Teks e. Simulator
c. Perancangan Bentuk/model
24. Pesan
peringatan yang muncul di layar ketika user akan menghapus sebuah file
merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
a. Implied Actions
d. User Control
b. Direct Manipulation e. Consistency
c. Feedback and
Communication
25. Tombol F1 sampai tombol F12 pada keyboard termasuk kedalam kelompok :
a. Tombol Fungsi (function key)
b. Tombol Alphanumerik (alphanumeric
key)
c. Tombol Kontrol (control
key)
d. Tombol Numerik (numeric
key)
e. Tombol Nomor (Number key)
26. Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh
sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna merupakan sifat ragam
dialog yaitu :
a. Inisiatif d. Kekuatan
b. Keluwesan e. Beban Informasi
c. Kompleksitas
27. Kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh
suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya
menggunakan kalimat-kalimat yang cukup panjang adalah ciri-ciri ragam dialog
:
a. Sistem Menu tarik d. Menu Vertical
b. Sistem menu datar e. Menu Pulldown
c. Sistem menu horizontal
28. Sistem miniatur yang mencoba menirukan
kerja suatu sistem yang berskala besar yang dilihat dari kacamata orang awam
merupakan contoh penerapan dari manipulasi langsung, yaitu :
a. Kontrol Proses d. Window
b.
Editor Teks e. Simulator
c. Perancangan
Bentuk/model
29. Apa yang tercetak di printer
merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar
monitor merupakan salah satu contoh
prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
a. Implied Actions d. User Control
b. Direct Manipulation e. WYSIWYG
c. Explicit actions
30. Tidak
perlu waktu lama untuk belajar menggunakan software tersebut, merupakan salah
satu ciri dari software yang baik, yaitu :
a. High
Performance d. Reliability
b. Mobility e. Mudah digunakan
c. Penampilan yang baik
1. Dibawah ini
yang termasuk bagian dari program aplikasi
adalah :
a. Bagian Desain d. Bagian Syntax
b. Bagian Program e. Bagian Antarmuka
c. Bagian Listing
2. Yang termasuk Media
antarmuka manusia dan komputer
adalah :
a. Media GUI d. Media Tekstur
b. Media Window e.
Media Gambar
c. Media Konvensional
3. Dibawah ini
adalah aspek-aspek dalam sistem komputer,
kecuali :
a. Aspek Perangkat Keras d. Aspek Hardware
b. Aspek Perangkat Lunak e. Aspek User Interface
c. Aspek Manusia
4. Contoh antarmuka manusia dengan komputer berbentuk
grafis menggunakan
pemrograman visual adalah :
a. Pascal d. Visual Basic
b. Pemrograman C++ e. c dan d
benar
c. COBOL
5. Pada dasarnya
seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang
disebut dengan warna primer adalah :
a. Merah,Hijau,
Hitam d.
Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam,
Merah
6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia
disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan
Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
e. Kebiasaan dalam
Bekerja
7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d.
Text Box
b. Spin Box e.
Tombol Radio
c. List Box
8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak
akan terlihat sampai pengguna program
menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box d. Tombol
Radio
b. Check Box e. Label Box
c. Combo Box
9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh
user,disebut :
a. Keyboard focus d.
Enter focus
b. Point to focus e.
Keypress focus
c. Click to focus
10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan
penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet e.
E- Commerce
c. Internet
11. Listing Object
Circle [step](x,y), Radius, [Color,start,end,aspect] digunakan
untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval e.
Garis Lurus
c. Persegi
12. Pemrograman
grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan
antar muka yang disebut
a. IGD
(Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG
(Interface Device Graphics)
e. Salah Semua
13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan
Data. d. Pekerjaan
Interaktif.
b. Akuisisi Data
e.
Benar Semua
c. Pengolahan
Kata
14. Kebiasaan
bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d.
Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam Bekerja e. Pencahayaan
c. Suhu dan
Kualitas Udara
15. Aspek keamanan
dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh
kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian
d. Darah tinggi
Stress
b. Penyakit gula e.
Benar Semua
c. Berat badan yang berlebihan
16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d.
Dialog Commands
b. Primary
Window e.
Program Window
c. Window
Commands
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
a. Hotmail.com d.
Plasa.com
b. Bloger.com e.
Gmail.com
c. Yahoo.co.id
18. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya
suatu hal
b. Memberikan
saran atas pertanyaan
c. Memberikan
suatu informasi
d. Dapat
bertukar informasi
e. Mendapatkan
website gratis
19. Beberapa ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d. WasantaraNET
b. INDO.NET, e. Semua benar
c. IndosatNET
20. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan
internet,kecuali :
a. Mempunyai
modem
b. Memilih paket
yang ditawarkan ISP
c. Memory
komputer yang cukup
d. Adanya
fasilitas Browser
e. Mempunyai
protocol TCP/IP
21. Merupakan
letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows e. Aplikasi
c. Sistem Koordinat
22. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan
menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah
d.
Hijau
b. Hitam
e. Kuning
c. Putih
23. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah
aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
a. Pengukuran
dan Antropometrik
b. Aspek
Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan
Kualitas Udara
e. Gangguan
Suara
24. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
b. Tombol
pengendali dan Label sebagai atribut tombol
c. Tombol button
dan Tombol Scrollbar
d. Tombol
pengendali an Tombol Menu
e. Tombol Label
dan Tombol Scrollbar
25. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet disebut :
a. Firewall d.
IP Adress
b. Browser e.
ISP
c. Telnet
26. Melakukan
konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya
atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences
Window d. Authentication Alerts
b. Property
Window e. Save
Authentication Alerts
c. Confirmation
Alerts
27. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML
seperti PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website e. Web
Dinamis
c. Web Page
28. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain,
kecuali :
a. Produktifitas kerja
b. Efisiensi waktu
c. Mahalnya biaya yang dikeluarkan
d. Meningkatkan kerjasama
e. Dapat berbagi informasi
29. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai
pembeli dan aktivitas ini dilakukan
secara elektronis, disebut :
a. Business to
Business (B2B)
b. Business to Consumer
(B2C)
c. Consumer to
Consumer (C2C)
d. Consumer to
Business (C2B
e. Business
Business Consumer (BBC)
30. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke web lain dan atas jasa ini web
yang
menghubungkan ke
web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen
Pembelanjaan d.
M-Commerce
b. Penjual
Bersindikat e. E-Commerce
c. Makelar
Bisnis ke Bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar